SCIENTIFIC WORK

Author
Muhammad Yusuf
Subject
- Pendidikan
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang pengembangan perangkat pembelajaran dengan mengimplementasikan model-model pembelajaran berbasis masalah pada pelajaran Sains SMP. Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui hasil pengembangan perangkat pembelajaran dan untuk mengetahui kecakapan siswa SMP dalam memecahkan masalah Sain setelah implementasi perangkat pembelajaran dengan menggunakan model-model pembelajaran berbasis masalah. metode yang digunakan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran adalah Four-D Model dan metode yang digunakan untuk mengetahui kecakapan siswa dalam memecahkan masalah adalah tes tertulis. Hasil analisis validasi perangkat pembelajaran tentang teshasil belajar siswa menunjukkan bahwa tes tersebut valid dan dapat dipahami, sehingga tes tersebut layak digunakan untuk siswa SMP kelas VIII. Sedangkan hasil analisis kecakapan siswa dalam memecahkan masalah adalah 28% siswa pada tahap deskripsi masalah, 41% siswa pada tahap mampu menggunakan pendekatan konsep, dan 31% mampu menerapkan konsep dalam memecahkan masalah Sains. Kata Kunci: Problem Solving Skill Siswa, Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah
Publisher
Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya
Contributor
Pemakalah
Publish
2015
Material Type
PROSIDING
Right
-
This files has been downloaded 409 times
Download