Author
Resmawan
Subject
- Pendidikan
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika
menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia pada materi segiempat di kelas VII SMP Negeri 11
Gorontalo, yang ditinjau dari empat indikator, yaitu (1) Kemampuan pendidik mengelola pembelajaran
menggunakan Multimedia Segiempat, (2) Aktifitas peserta didik selama mengikuti pembelajaran menggunakan
Multimedia Segiempat, (3) Hasil belajar peserta didik, dan (4) Respon positif siswa setelah mengikuti
pembelajaran menggunakan Multimedia Segiempat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran
matematika dengan menggunakan Multimedia Segiempat berjalan efektif. Setiap aspek kemampuan pendidik
dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan Multimedia Segiempat yang diamati memenuhi kriteria
efektif dengan kategori minimal cukup baik. Aktifitas peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran
dengan menggunakan Multimedia segiempat memenuhi kriteria efektivitas dengan persentase aktifitas peserta
didik dengan aspek yang dinilai berada pada batas waktu keefektifan. Hasil belajar peserta didik setelah
pembelajaran menggunaan Multimedia Segiempat tuntas secara klasikal, sebanyak 85% siswa mencapai nilai
70 atau lebih. Respon postif peserta didik terhadap pembelajaran matematika menggunakan Multimedia
Segiempat memenuhi kriteria efektivitas dengan 84% respon peserta didik mencapai kategori positif atau sangat
positif
Publisher
Algoritma Journal of Mathematics Education, Vol.1, No. 2, Desember 2019
Contributor
Vemsi Damopolii; Nursiya Bito; Resmawan Resmawan
Publish
2019
Material Type
ARTIKEL
Right
-
This files has been downloaded 6177 times