SCIENTIFIC WORK

Author
Tri Handayani Amaliah
Subject
- Ekonomi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi nilai-nilai siri’ na pesse untuk mengkonstruksi tujuan bisnis. Penelitian dilakukan pada pengusaha etnis Bugis-Makassar yang bermukim di Gorontalo. Nilai-nilai dalam siri’ na pesse bagi masyarakat Bugis-Makassar adalah sebuah “kitab hidup” yang menjadi modal dasar non materi untuk berusaha dan beraktivitas dalam setiap sendi-sendi kehidupan. Siri’ na pesse merupakan pertaruhan harga diri sebagai simbol keberartiannya sebagai manusia menuju kemuliaan yang sempurna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan bisnis bagi etnis Bugis-Makassar dapat dikonstruksi dalam empat dimensi, yakni dimensi materi, humanis, aktualisasi diri, dan spiritual. Keempat dimensi ini juga mengandung pesan moralitas dari prinsip sulapa eppa wala suji (segi empat bela ketupat) yang menunjukkan pandangan kesempurnaan atas dunia dari empat penjuru mata angin. Kata kunci: Siri’ na pesse, materi, humanis, aktualisasi diri dan spiritual
Publisher
Masyarakat Akuntansi Multiparadigma Indonesia (Mami)
Contributor
Bala Bakri dan Tri Handayani Amaliah
Publish
2015
Material Type
PROSIDING
Right
-
This files has been downloaded 2597 times
Download