Author
Abubakar Sidik Katili
Subject
- Sains
Abstract
Ekosistem pesisir merupakan bagian dari bentang alam, memiliki potensi yang cukup besar dalam berbagai aspek, salah satunya adalah aspek pendidikan. Pembelajaran IPA khususnya biologi di sekolah dalam kompetensi ekosistem dan lingkungan dimaksudkan agar peserta didik memahami konsep ekosistem dan lingkungan serta memiliki karakter peduli terhadap lingkungannya. Pembentukan karakter peserta didik tidak dapat dipisahkan dari lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Penelitian ini bertujuan mengkaji bentuk potensi ekosistem pesisir dan mengembangkannya sebagai media pembelajaran IPA biologi di sekolah yang ada di wilayah pesisir. Media pembelajaran yang dikembangkan adalah LKPD yang berbasis potensi ekosistem pesisir yang mencerminkan scientific approach. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif, yakni dengan mendeskripsikan informasi potensi ekosistem pesisir dan mengembangkannya dalam media LKPD dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, Desseminate) tetapi pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Hasil yang diperoleh yakni adanya peningkatan pemahaman peserta didik terhadap materi IPA biologi khsusnya tentang potensi ekosistem pesisir, adanya pengetahuan dan pemahaman ilmiah tentang potensi ekosistem pesisir, pengelolaan dan pemanfaatannya yang relevan dalam prinsip-prinsip pendidikan, serta diperolehnya kualitas LKPD yang berada dalam rentang sangat baik yang mencerminkan scientific approach. Adanya hasil tersebut menunjukkan telah tercapainya tujuan penelitian dan menjawab permasalahan yang menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini sehingga produk dari penelitian ini layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat membantu guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran IPA Biologi. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan pemanfaatan potensi ekosistem pesisir sebagai bahan kajian dalam pembelajaran IPA biologi, dapat menjadi sebuah bentuk strategi dalam menjaga keberlanjutan potensi ekosistem pesisir yang ada.
Kata kunci: ekosistem, pesisir, pembelajaran, LKPD
ABSTRACT
Coastal ecosystems is a part of the landscape and has a considerable potential in many aspects, one them is the educational aspect. Biology science in schools have a rule that the students will understand the concept of ecosystem, environment and have a characters care about the environment. Character formation of students have a relationship with the environment where they lived. This study aims to described the potential of coastal ecosystems and develop it as a media in teaching biology. The media that was developed called LKPD (Lembar Kerja Siswa or student worksheet). This LKPD based from potential of coastal ecosystem and apply by scientific approach. This study uses qualitative descriptive method, ie, by describing the information potential of coastal ecosystems and develop it in the media LKPD and using 4-D models (Define, Design, Develop, Desseminate), but in this study only up to the develop stage. The results obtained, there are increase of students understanding of the subject matter about the potential of coastal ecosystems, existence about knowledge and scientific of the potential coastal ecosystems, the management and use in the principles of education, and obtaining the LKPD quality that reflects the scientific approach. These results indicate the achievement of study objectives and answer the problems that become the background of this research, so that the product of this study (LKPD) is feasible to be used as one of the learning media that can help teachers and learners in the learning process of science biology. The conclusion of this study is the utilization of coastal ecosystem potential as a study material in biology science learning, can be a strategy in maintaining the sustainability of potential of coastal ecosystem existing.
Keywords: ecosysytem, coastal area, learning, LKPD
Publisher
PBI Cabang Manado, Jurusan Biologi FMIPA Unsrat
Contributor
-
Publish
2017
Material Type
PROSIDING
Right
-
This files has been downloaded 397 times