SCIENTIFIC WORK

Author
Anton Kaharu
Subject
- Teknik
Abstract
Penelitian yang berfokus pada model kecelakaan lalu lintas becak bermotor di Kota Gorontalo ini bertujuan untuk membuat model hubungan penyebab dan prediksi kecelakaan lalu lintas becak bermotor di Kota Gorontalo. Pendekatan regresi model Generalized Linear Model (GLM) dengan distribusi Poisson dan link function logaritma digunakan untuk menjelaskan model hubungan penyebab dan prediksi kecelakaan becak bermotor di Kota Gorontalo. Berdasarkan karakteristik objek, metode penelitian ini menggunakan metode survei, berdasarkan karakteristik populasi, metode proporsional sampling digunakan pada kejadian kecelakaan lalu lintas becak bermotor, dan berdasarkan keterkaitan dengan analisis, metode yang digunakan adalah analisis deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil pemodelan dapat diprediksi bahwa jika terjadi peningkatan 10% ketidak tertiban (tidak tertib) pada pengemudi becak bermotor akan meningkatkan jumlah kecelakaan lalu lintas becak bermotor per tahun sebesar 3,13 (2,62%) kasus, sebaliknya jika terjadi perbaikan ketertiban (tertib) pada pengendara becak bermotor 10% akan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas mencapai 3,13 (2,62%) per tahun. Upaya yang dapat ditempuh untuk mengurangi tingkat resiko kecelakaan becak bermotor di Kota Gorontalo antara lain penyediaan fasilitas lajur becak bermotor untuk meminimalkan gangguan pada pergerakan becak bermotor, perbaikan dalam upaya penanganan kecelakaan untuk meminimalkan jumlah korban, khususnya korban meninggal dunia atau luka berat, penerapan manajemen lalu lintas untuk mengatur besarnya arus lalu lintas, pembatasan jumlah kepemilikan becak bermotor, serta penyesuaian lebar dan jumlah lajur untuk ruas jalan arteri yang masih memiliki lebar lajur
Publisher
Fakultas Teknik UNG
Contributor
-
Publish
2016
Material Type
PROSIDING
Right
-
This files has been downloaded 324 times
Download