Author
Rusmin Husain
Subject
- Pendidikan
Abstract
Guru abad 21 Indonesia menyongsong generasi emas pada usia emas. Generasi emas adalah generasi yang mempunyai keterampilan abad 21 yaitu insan yang berkarakter, berpikir kritis, kreatif, inovatif, komunikatif, kolaboratif, dan kompetitif. Menyiapkan generasi emas Indonesia untuk kehidupan di abad ke-21 adalah sesuatu yang kompleks dan rumit. Berbagai tantangan yang harus dihadapi di era Revolusi 4.0 seperti: globalisasi, teknologi, migrasi, kompetisi, internasional, perubahan pasar, perubahan di segala bidang, tantangan lingkungan dan politik internasional. Upaya pemerintah menyiapkan segala perubahan ini diantaranya pembangunan di bidang pendidikan, dengan melakukan penyempurnaan dan pengembangan kurikulum serta peningkatan profesionalisme tenaga pendidik (guru). Peran guru dalam pendidikan sangat urgen karena merupakan garda terdepan sebagai pelaku-pelaku kurikulum di lapangan. Maju mundurnya suatu negara berada ditangan guru. Dalam menyiapkan generasi milenial yang tangguh, kreatif, inovatif, kompetitif yang berdaya saing dan
cerdas tentunya diperlukan guru yang memiliki main set yang unggul dengan menerapkan kurikulum 2013 yang membawa konsekuensi perubahanan pada standar pendidikan nasional yaitu standar kelulusan, standar isi, standar proses, dan standar penilaian. Pada standar proses pendidikan perlu menerapkan pembelajaran berbasis discovery/inquiry learning,dan berbasis pemecahan masalah (project based learning).
Kata kunci: guru abad 21
Publisher
Ideas Publishing
Contributor
-
Publish
2019
Material Type
PROSIDING
Right
-
This files has been downloaded 1556 times