Author
Rusmin Husain
Subject
- Pendidikan
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap penerapan kurikulum 2013di SDN Se-Kecamatan Kabila. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penetapan kurikulum 2013, guru masih mengalami kesulitan dalamproses perencanaan pembelajaran. Pada dasarnya, penyusunan rencana pembelajaran dalam kurikulum 2013sama dengan kurikulum yang lama. Perbedaan yang ada tidak terlalu signifikan karena penyusunan rencana pembelajaran tetap berdasarkan silabus dan buku pegangan guru yang telah disediakan oleh pemerintah. Pelaksanaan kurikulum 2013 belum berjalan sesuai dengan yang diharapkan, untuk itu peran guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013 sangat signifikan, selain menggunakan buku yang sudah ada, juga harus menggunakan sumber dari media lainnya. Diakui, bahwa dalam pelaksanaan kurikulum 2013 masih terdapat beberapa kendala, diantaranya keterbatasan waktu, terkait proses pembelajaran, dalam hal ini guru masih sulit mencari cara agar siswa bisa aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu terdapat pula kesulitan dalam menggunakan format penilaian yang ada.
Kata Kunci : Persepsi Guru, Kurikulum 2013
Abstract
This research aims to know teacher’s perception about the implementation of curriculum 2013 at Elementary School in Kabila District. This research used qualitative method. Data were collected through observation, interview, and documentation. Data were analyzed by qualitative analysis. The result revealed that, in the implementation of curriculum 2013,teachers are stillexperiencing difficultiesin the planning processof learning.Basically, the preparation oflesson plansin the curriculumin 2013is equal tothe oldcurriculum. The differencesare notvery significant, becausethe preparation oflesson plansremainbased on the syllabusandteacherhandbooksthat have been providedby the government. The implementation of curriculum 2013has not goneas expected, sotherole of teachers incurriculum implementationis very significant, not onlyin addition to usingthe bookalready, butalsoshould usethe lessons fromother mediasources. Admittedly, in the implementation ofthe curriculum2013,there are still someobstacles, which were related tothe learning process, in this case, theteacher is stilldifficult tofind a way forstudentsto be activein the learning process. There are alsodifficulties in usingthe existing assessmentformat.
Keywords: Teacher Perception, Curriculum 2013 Implementation
Publisher
FIP UNG
Contributor
Biaya Sendiri
Publish
2020
Material Type
ARTIKEL
Right
-
This files has been downloaded 146 times