SCIENTIFIC WORK

Author
Abdul Hamid Isa
Subject
- Pendidikan
Abstract
Pelaksanaan supervisi klinis oleh pengawas kiranya dapat memberikan kontribusi penting dalam meningkatkan kinerja guru dalam mengelola pembelajaran yang mengacu pada fungsi, prinsip, tujuan serta prosedur pelaksanaan supervisi yang optimal. Para pengawas perlu memiliki kompetensi profesional yang merupakan kemampuan melaksanakan supervisi secara efektif, efisien dan mencakup segala aktivitas yang berhubungan dengan peningkatan proses belajar mengajar sebagai layanan kepada guru. Perlu dilakukan perbaikan secara menyeluruh terhadap berbagai aspek yang menyebabkan kurang maksimalnya pelaksanaan supervisi klinis seperti yaitu adanya keengganan untuk disupervisi dan tidak sepenuhnya bersikap terbuka kepada pengawas atas kekurangan dan kendala yang dihadapi dalam pembelajaran pada saat melakukan pertemuan awal atau pra observasi, dipengaruhi adanya rasa takut, kurang percaya diri, sehingga menimbulkan kesan dan persepsi dari guru, bahwa pengawas tersebut hanya sebagai kegiatan yang bersifat penilaian belaka dengan mencari-cari kekurangan atau kelemahan-kelemahan yang dimiliki guru dalam pembelajaran. Kata Kunci : Pelaksanaan, Supervisi Klinis, Pengawas, Kinerja Guru
Publisher
Prodi S2 Pendidikan Nonformal PPs UNG
Contributor
-
Publish
2020
Material Type
PROSIDING
Right
-
This files has been downloaded 162 times
Download