Author
Zuchri Abdussamad
Subject
- Ilmu Sosial
Abstract
Abstrak: Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Publik Studi Kasus: Di Gorontalo Utara. Pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah perlu dilakukan penilaian secara berkala. Hal ini berfungsi sebagai proses pembenahan layanan birokrasi pemerintahan. Tujuan penelitian ini adalah sebagai proses penilaian tingkat kepatuhan layanan yang diberikan oleh Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Gorontalo Utara. Metode yang digunakan adalah mix metode yakni gabungan metode kualitatif dan kuantitatif. Untuk mendapat data yang valid maka terlebih dahulu dilakukan survei. Kesimpulannya hasil analisis survei pemerintah daerah Gorontalo Utara berkategori “Baik” dengan indeks sebesar 79.13. Bila dibandingkan dengan hasil indeks nilai kepatuhan pelayanan yang dipublikasikan oleh Ombudsman Republik Indonesia Tahun 2019 Kabupaten Gorontalo Utara memperoleh nilai sebesar 71.51. Berdasarkan hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai indeks kepuasan pemerintah daerah Gorontalo Utara dari Tahun 2019 ke Tahun 2020 sebesar 7.62, nilai ini cukup signifikan. Artinya, Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara telah melakukan perbaikan-perbaikan dalam menunjang pelayanan publik pada setiap instansi di lingkungan pemerintahan.
Kata Kunci: survei kepuasan masyarakat, pelayanan public, gorontalo utara, pemerintah daerah, nilai kepatuhan.
Publisher
Published by Jurusan Pendidikan Administrasi FE UNY bekerjasama dengan ASPAPI Pusat E-ISSN: 2528-5750
Contributor
Efisiensi : Kajian Ilmu Administrasi Vol. 18 No. 1, Februari 2021, Hal. 45-62
Publish
2021
Material Type
ARTIKEL
Right
https:/doi.org/10.21831efisiensi.v18i1.37275
This files has been downloaded 229 times