Author
						Zuchri Abdussamad
						Subject
						- Ilmu Sosial
						
						Abstract
						Pengukuran kepuasan merupakan elemen penting dalam proses evaluasi kinerja di mana tujuan akhir yang hendak dicapai adalah menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien, dan lebih efektif berbasis dari kebutuhan masyarakat. Suatu pelayanan dinilai memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna layanan. Kepuasan  masyarakat  dapat juga dijadikan acuan bagi berhasil atau tidaknya pelaksanaan program yang dilaksanakan pada suatu lembaga layanan publik.
Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya.
Salah   satu   upaya   yang   harus   dilakukan   dalam   perbaikan pelayanan publik adalah melakukan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) 
Pelayanan Publik di mana instansi pemerintah diamanatkan untuk melakukan survei kepuasan masyarakat sebagai tolak ukur untuk menilai tingkat kualitas pelayanan. Survei ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja Organisasi Perangkat Daerah dan unit pelayanan secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan
dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya.
						Publisher
						Kementrian Hukum dan HAM RI
						Contributor
						Surat Pencatatan Hak Ciota
						Publish
						2021
						Material Type
						PATEN
						Right
						zuchriabdussamad@yahoo.com
 This files has been downloaded 569 times