Author
Citron S. Payu
Subject
- Sains
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media edu-game berbasis ular tangga Fisika dalam materi gelombang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan data yang diperoleh untuk lembar observasi aktivitas guru pada pertemuan I persentase aktivitas guru tercapai 95.2 %, pertemuan II tercapai 97.6 %, dan pertemuan III tercapai 98.8 %, sedangkan persentasi aktivitas peserta didik pada pertemuan I tercapai 94.2 %, pertemuan II tercapai 96.8 %, dan pertemuan III tercapai 98 %. Angket minat peserta didik untuk indikator perasaan senang diperoleh rata-rata persentase 97.4 %, indikator perhatian diperoleh persentase 94 %, indikator ketertarikan diperoleh rata-rata persentase 93.4 %, dan indikator keterlibatan peserta didik dalam belajar diperoleh rata-rata persentase 96 %. Hasil belajar peserta didik pada materi gelombang setelah diajarkan menggunakan media edu-game berbasis ular tangga Fisika dapat dilihat bahwa dari 30 orang peserta didik, 29 orang yang memenuhi KKM dan 1 orang yang tidak memenuhi KKM. Oleh karena itu, penggunaan media edu-game berbasis ular tangga Fisika pada pembelajaran materi gelombang pada peserta didik kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Gorontalo sudah maksimal atau sangat baik.
Kata Kunci : Media Edu-Game berbasis ular tangga Fisika, Materi Gelombang
Publisher
Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo
Contributor
Wa Ode Fatma Nur Asnan, Masri Kudrat Umar, Citron S. Payu
Publish
2016
Material Type
ARTIKEL
Right
Jurnal ENTROPi
This files has been downloaded 475 times