Author
Citron S. Payu
Subject
- Sains
Abstract
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan awal literasi sains siswa yang terdiri atas empat kategori yaitu nominal, fungsional, prosedural dan multidimensional. Studi ini merupakan bagian dari studi pengembangan perangkat pembelajaran untuk meningktkan kemampuan literasi sains. Tes kemampuan literasi sains yang disusun berjumlah lima butir soal. Kemampuan awal litarasi sains yang dianalisis merupakan kemampuan literasu sains siswa sebelum diterapkan suatu model yang diduga dapat mengembangkan kemampuan literasi sains siswa. Hasil analisis menunjukkan kemampuan literasi sains siswa untuk kelima soal lebih banyak pada kategori nominal dengan rentang persentase 54%-95%, sebagian kecil pada kategori fungsional dengan rentang persentase 4%-9%. Untuk kategori konseptual dan multidimensional berada pada persentase 0%. Sementara sebagian siswa tidak dapat memberikan jawaban pada tes yang dikerjakan dengan rentang persentase 4%-5%. Hasil yang diperoleh sesuai dengan laporan hasil studi PISA 2003, 2006, 2009 dan 2012 menunjukkan kemampuan dari siswa di Indonesia dalam kategori rendah.
Kata kunci: literasi sains, nominal, fungsional, prosedural & multidimensional.
Publisher
Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya
Contributor
Abdul Haris Odja, S.Pd., M.Pd, Citron S. Payu, S.Pd., M.Pd
Publish
2014
Material Type
PROSIDING
Right
Prosiding Seminar Nasional Kimia
This files has been downloaded 347 times