Author
Arwildayanto
Subject
- Pendidikan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; a) perencanaan program sekolah berbasis akreditasi pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Boalemo, b) pelaksanaan program sekolah berbasis
akreditasi pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Boalemo, c) pembiayaan program sekolah berbasis akreditasi pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Boalemo, dan d) evaluasi
program sekolah berbasis akreditasi pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksplanatori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen program sekolah berbasis akreditasi pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Boalemo secara umum berada pada kategori baik, yang merupakan akumulasi dari: a) perencanaan program sekolah berbasis
akreditasi pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Boalemo berada pada kategori sangat baik dengan persentase 86,85%, b) pelaksanaan program sekolah berbasis akreditasi pada Sekolah
Menengah Pertama di Kabupaten Boalemo berada pada kategori baik dengan persentase 78,68%, c) pembiayaan program sekolah berbasis akreditasi pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Boalemo berada pada kategori cukup baik dengan persentase 68,58%, dan d) evaluasi program sekolah berbasis akreditasi pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Boalemo berada pada kategori cukup baik dengan persentase 70,08%. Terkait hasil penelitian maka dikemukakan beberapa saran sebagai berikut: a) sekolah perlu melakukan evaluasi secara terus menerus terkait program akreditasi sekolah sehingga dapat diketahui tingkat efektivitas penerapannya dalam membantu
meningkatkan kualitas sekolah, b) Dinas Pendidikan perlu mendorong sekolah untuk menjaga kontinuitas dalam perencanaan, pelaksanaan, pembiayaan dan evaluasi program akreditasi sekolah sehingga semua kegiatan yang terkait dengan pemenuhan program akreditasi sekolah dapat mencapai hasil yang diharapkan, dan c) Stakeholder pendidikan lainnya seperti komite sekolah dan orang tua perlu mendukung aktualisasi program akreditasi sekolah sehingga mendukung keberhasilan pelaksanaan program ini di sekolah
Publisher
Jurnal Pascarjana Universitas Negeri Gorontalo
Contributor
Parnawaty Utiarahman, Welly Pangayow, Arwildayanto
Publish
2017
Material Type
ARTIKEL
Right
P-ISSN 2502-440X
This files has been downloaded 1474 times