Author
Resmawan
Subject
- Pendidikan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap keterampilan dosen dalam mengelola kelas dengan hasil belajar mahasiswa jurusan pendidikan matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa ragular Jurusan Pendidikan Matematika Tahun Pelajaran 2010-2011 mulai dari semester III sampai semester VII sebanyak 331 orang yang tersebar pada 12 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara proportionale random sampling sebanyak 10% dari banyaknya populasi sehingga diperoleh sampel sebanyak 33 orang. Analisis data penelitian ini dilakukan secara analisis deskriptif dan analisis inferensial. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis regresi dan korelasi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara persepsi mahasiswa terhadap keterampilan dosen dalam mengelola kelas dengan hasil belajar mahasiswa jurusan pendidikan matematika. Berdasarkan hasil temuan, maka disarankan kepada dosen agar dalam setiap proses pembelajaran selalu berusaha menciptakan susana kelas yang nyaman dan bersahabat, dengan menerapkan teknik pengelolaan kelas secara
efektif, sehingga muncul persepsi yang baik dari mahasiswa yang kemudian dapat memicu semangat dan motivasinya untuk menerima dan memahami materi yang diberikan. Selain kepada dosen, mahasiswa juga diharapkan dapat berperan aktif sehingga dapat terjadi umpan balik dalam setiap proses pembelajaran yang berlangsung. Karena hal tersebut memiliki kontribusi positif terhadap hasil belajar mahasiswa.
Publisher
Universitas Negeri Gorontalo
Contributor
Resmawan
Publish
2011
Material Type
SKRIPSI
Right
-
This files has been downloaded 113 times