Author
Hariana
Subject
- Pendidikan
Abstract
Arah kebijakan pendidikan nasional menurut Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) diarahkan untuk meningkatkan ketersediaan, keterjangkauan, kualitas, kesetaraan dan kepastian, dengan bertumpu pada prinsip penyediaan berbagai program layanan pendidikan, biaya pendidikan yang terjangkau bagi seluruh masyarakat, jaminan kualitas lulusan dan keselarasan dengan dunia kerja. Mengingat keterbatasan sumber daya pendidikan, maka kehadiran lembaga kursus keterampilan sebagai lembaga pendidikan luar sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat (DIKLUSEMAS) menjadi alternatif bagi pemerintah dalam menyediakan program pendidikan berbagai jalur dengan biaya terjangkau.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas pelayanan Lembaga Kursus “X” Kota Gorontalo dengan pendekatan Model SERVQUAL (Service Quality), yang dikembangkan dari 5 (lima) dimensi kualitas jasa yakni Reliability (keandalan), Assurance (jaminan kualitas), Tangibility (sarana fisik), Empathy (empati), dan Responsivess (kesiaptanggapan). Data diperoleh dari hasil pengumpulan 2 (dua) jenis kuesioner yakni kuesioner customer perception (pengukuran persepsi responden) dan kuesioner customer expetation (harapan responden). Dari hasil pengolahan data diketahui bahwa data kuesioner valid dan reliabel. Hasil penelitian ini adalah nilai persepsi content sebesar 2,85 dari 4,60 yang diharapkan (tercapai 62%), reliability sebesar 2,95 dari 4,7 yang diharapkan (tercapai 63%), competence sebesar 3,51 dari 4,59 (76%), attitude sebesar 3,28% dari 4,59 (71%) dan delivery sebesar 3,51 dari ekspektasi 4,73 (74%), sehingga dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang diberikan lembaga “X” sudah mencapai kualitas layanan yang diharapkan oleh para peserta kursus.
Keywords: Kualitas Layanan, Kursus, Model Servqual
Publisher
FKIP Universitas Lampung ISBN: 978-979-3262-09-3
Contributor
Hariana
Publish
2013
Material Type
PROSIDING
Right
ISBN: 978-979-3262-09-3
This files has been downloaded 5777 times