Author
Arwildayanto
Subject
- Pendidikan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap budaya kerja guru, (2) pengaruh langsung lingkungan sekolah terhadap budaya kerja, (3) pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi guru, (4) pengaruh langsung lingkungan sekolah terhadap motivasi berprestasi guru, (5) pengaruh langsung
budaya kerja terhadap motivasi berprestasi guru, (6) pengaruh tidak langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi guru melalui budaya kerja guru, dan (7) pengaruh tidak
langsung lingkungan sekolah terhadap motivasi berprestasi guru melalui budaya kerja guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Kecamatan Ratolindo Kabupaten Tojo Una-Una yang berjumlah 188 orang. Pengambilan sampel menggunakan pendekatan proporsional sampling sehingga diperoleh 128 orang guru sebagai sampel. Data
dikumpulkan melalui penyebaran angket. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap budaya kerja guru
sebesar 59.4%, (2) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap budaya kerja guru sebesar 60.9%, (3) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi guru sebesar 60.9%, (4) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap motivasi berprestasi guru sebesar 62.4%, (5) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan budaya kerja terhadap motivasi berprestasi guru sebesar 99.7%, (6) terdapat pengaruh tidak langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi guru melalui budaya kerja guru sebesar 21.9%, dan (7) terdapat pengaruh tidak langsung lingkungan sekolah terhadap motivasi berprestasi guru melalui budaya kerja guru sebesar 72.2%. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi gaya kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan sekolah, budaya kerja maka akan semakin tinggi motivasi berprestasi guru
Publisher
Jurnal Normalita Pascasarjan Universitas Negeri Gorontalo
Contributor
Zulhijah Sampo, Arfan Arsyad, Arwildayanto
Publish
2021
Material Type
ARTIKEL
Right
ISSN: 2252-5920
This files has been downloaded 149 times