SCIENTIFIC WORK

Author
Yasin Mohamad
Subject
- Teknik
Abstract
INTISARI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan-perubahan tegangan bus setelah dilakukan perbaikan profil tegangan akibat gangguan kontigensi dengan melakukan injeksi sumber daya reaktif. Metode analisis kontingensi ini dilakukan dengan metode aliran daya Newton Rapshon Ybus. Sedangkan untuk perbaikan profil tegangan dilakukan dengan cara menginjeksi sumber daya reaktif berupa kapasitor yang dipasang pada bus-bus yang tegangannya lemah. Hasil perbaikan menunjukan terjadi perubahan tegangan hampir pada semua bus setelah dilakukan pemasangan kapasitor. Untuk gangguan yang terjadi pada saluran tambaklorok-bawen dipasang pada bus 31, bus 33, bus 52. Untuk gangguan yang terjadi pada saluran tambaklorok-ungaran dipasang pada bus 31. Sedangkan untuk gangguan pada saluran krapk-rdrut dipasang pada bus 12, bus 14, bus 16, bus 31 dan pada bus 33. Dengan kapasitas kapasitor yang digunakan adalah @ 2 x 25 MVA. Kata-Kata Kunci : Kontingensi, bus, kapasitor
Publisher
Jurnal TEKNIK Universitas Negeri Gorontalo
Contributor
-
Publish
2009
Material Type
ARTIKEL
Right
-
This files has been downloaded 1849 times
Download