SCIENTIFIC WORK

Author
Resmawan
Subject
- Pendidikan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi himpunan. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu sekolah menengah pertama di Bone Bolango. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan design post-test only control group yang melibatkan 2 kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel dipilih menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah siswa tiap kelas terdiri dari 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan anatara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teachng dengan hasil belajar siswa yang dibelajarka menggunakan model pembelajaran langsung. Hal ini ditunjukkan dengan adanya nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung.
Publisher
EULER: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains, dan Teknologi, Vol. 10, No. 2, 2022
Contributor
Rosiana Jupri; Perry Zakaria; Majid Majid; Resmawan Resmawan; Dewi Rahmawaty Isa
Publish
2022
Material Type
ARTIKEL
Right
-
Download