Author
Ilham Khairi Siregar
Subject
- Pendidikan
Abstract
Fenomena pendidikan bagi anak usia dini sekarang ini lebih menitik beratkan pada pembinaan perilaku moral anak. Berdasarkan hal tersebut banyak pendekatan model pembelajaran yang dapat diterapkan di Taman Kanak-kanak atau Lembaga PAUD dalam mengembangkan perilaku moral anak. Salah satu yang pada umumnya sudah diterapkanya pada semua lembaga yaitu metode bercerita dan ada pula yang masih jarang digunakan yaitu metode pembelajaran scaffolding. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui apakah terdapat perbedaan perilaku  moral anak dalam metode bercerita menggunakan alat dan metode bercerita tanpa alat, (2) Mengetahui apakah terdapat perbedaan perilaku moral anak dalam metode pembelajaran scaffolding tinggi dan metode metode pembelajaran scaffolding rendah, (3) Mengetahui apakah terdapat pengaruh metode bercerita dan metode pembelajaran scaffolding. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa dari 40 responden dari hasil perhitungan diketahui nilai  = 6,97. Dari tabel F pada db (A)/db (D) = 1/36 dab α = 0,05 diketahui nilai  = 4,11. Karena  >  atau Hₒ ditolak, jadi rata-rata perilaku moral anak yang diberi metode bercerita menggunakan alat lebih berpengaruh dari pada metode bercerita tanpa alat. Dengan hasil uji tersebut, berarti hipotesis pertama yang menyatakan metode pembelajaran scaffolding tinggi lebih berpengaruh daripada metode pembelajaran scaffolding rendah terhadap perilaku moral anak teruji dengan signifikan.
Publisher
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Contributor
Sri Rawanti, Waode Eti Hardiyanti, Ilham Khairi Siregar, Yenti Juniarti
Publish
2023
Material Type
ARTIKEL
Right
-
This files has been downloaded 265 times