Researcher
Buyung Rahmad Machmoed
Types of research
Penelitian Pengembangan IPTEKS
Source of funds
PNBP/BLU
Abstract
Pengembangan teknologi dibidang konstruksi yang semakin maju tidak dapat dipisahkan dari pengelasan karena mempunyai peranan penting dalam rekayasa dan reparasi logam. Dewasa ini teknik pengelasan secara umum banyak digunakan dalam proses penyambungan batang-batang pada kontruksi baja di industri perkapalan. Pengelasan pada konstruksi kapal menuntut persyaratan yang sangat ketat karena kompleksnya masalah dalam pengelasan, seperti distorsi, tegangan sisa, dan sifat mekanik las pada berbagai jenis dan bentuk yang diaplikasikan pada konstruksi kapal. Karena kompleknya konstruksi penyambungan pelat sehingga proses pengelasan sering menyimpang dari prosedur baku dengan alasan mempercepat produksi meskipun tanpa didahului dengan analisa sifat fisis mekanik. Salah satu contoh kasus adalah aplikasi sambungan las satu sisi (one side welding) pada dek dan lambung kapal sebagai pengganti sambungan las dua sisi (double side welding).
Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui pengaruh sudut alur V 60° (one side welding), terhadap sifat mekanik las (uji tarik dan ketangguhan impack) hasil pengelasan MIG (metal inert gas) dengan filer AWS A5.18 ER 70S-6. Target jangka panjang penelitian ini adalah dapat memberikan konstribusi pengelasan pada sambungan las MIG dan sifat mekanis las yang optimal. Material yang digunakan adalah baja karbon yang digunakan pada kapal-kapal tengker. Jenis pengelasan menggunakan las MIG (metal inert gas). Kemudian dilakukan karakterisasi fisik mekanik las.
This files has been downloaded 5660 times