Researcher
Ellyana Hinta
Types of research
Penelitian Kolaboratif Dana BLU FKTP
Source of funds
PNBP Fakultas/Pasca
Abstract
Pembelajaran sastra memerlukan proses penelaahan dan pemaknaan. Dalam pemaknaan sebuah karya sastra diperlukan suatu pendekatan atau teori untuk dapat mengenali unsur-unsur di dalamnya. Unsur yang terdapat dalam sastra ada yang disebut unsur intrinsik dan ada juga unsur ekstrinsik. Sasaran kajian ini adalah unsur intrinsik. Kinayati, (2006:115) mengatakan bahwa penelitian sastra sewajarnya bertolak dari interpretasi dan analisis karya sastra itu sendiri. Sebab bagaimanapun juga kita tertarik untuk menelitinya. Salah satu materi yang ada dalam Kurikulum mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA adalah keterampilan Menganalisis unsur intrinsik novel. Materi ini wajib dikuasai oleh siswa. Tujuannya adalah agar siswa dapat mengenal, memahami, dan dapat mengapresiasi novel dengan baik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah siswa mampu menentukan unsur tema, latar, tokoh/penokohan, alur dan amanat dalam novel yang dibaca. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Boliyohuto kelas XI IPA 1 yang berjumlah 30 orang, meliputi 9 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Teori yang digunakan ialah teknik apresiasi dengan menggunakan pendekatan analisis struktur teks. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemajuan siswa dalam pembelajaran khususnya pada materi menentukan unsur intrinsik novel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi, dan wawancara.
This files has been downloaded 1190 times