Researcher
Frice Lahmudin Desei
Types of research
Penelitian Kolaboratif Dana BLU FATEK
Source of funds
PNBP Fakultas/Pasca
Abstract
RINGKASAN
Kondisi iklim di Indonesia dan semakin meningkatnya pertumbuhan lalu lintas yang ada, sangat mempengaruhi kinerja dari lapisan permukaan aspal. Selain itu, perencanaan dan pelaksanaan yang tidak sesuai juga merupakan salah satu penyebab terjadinya kerusakan-kerusakan dini pada permukaan jalan beton aspal, sehingga pemberian bahan tambah atau additive ke dalam campuran aspal adalah upaya lain yang banyak dilakukan karena dapat memberikan perilaku positif pada sifat-sifat aspal. Salah satu diantaranya yaitu penggunaan bahan additive antistripping jenis wetfix-be. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan additif wetfix-be terhadap karakteristik Marshall campuran beton aspal dan durabilitas campuran dengan variasi waktu perendaman.
Penelitian ini akan dilakukan di Laboratorium Transportasi Fakultas Teknik Jurusan Sipil, Universitas Negeri Gorontalo, dengan mengacu pada Spesifikasi Umum Bina Marga (2010). Pengujian meliputi pemeriksaan sifat-sifat fisik material baik aggregat kasar dan aggregat halus juga pengujian Aspal Pertamina 60/70, kemudian dilanjutkan pembuatan rancangan campuran benda uji dengan berbagai variasi kadar aspal yang kemudian akan di uji Marshall dan dianalisa untuk mendapatkan benda uji pada kadar aspal optimum. Untuk mengetahui durabilitas campuran, akan dilakukan perendaman Marshall benda uji pada kadar aspal optimum dengan berbagai variasi waktu perendaman.
Hasil yang diperoleh adalah berupa sifat-sifat Marshall campuran dan Indeks Kekuatan Sisa Marshall campuran akibat perendaman (durabilitas), baik yang menggunakan aditif dan tanpa aditif.