RESEARCH

Researcher
Niswatin
Types of research
Penelitian Sosial Budaya
Source of funds
PNBP/BLU
Abstract
Reformasi sistem ekonomi syariah, termasuk sub sistemnya saat ini menjadi agenda utama pembangunan nasional di Indonesia. Gorontalo dengan filosopi hidup masyarakatnya “Adat Bersendikan Syara, dan Syara Bersendikan Kitabullah” dan berpenduduk mayoritas Muslim berpotensi dari aspek sosial, budaya, dan religi untuk mengembangkan sistem ekonomi, bisnis, dan akuntansi Syariah. Kendala yang ditemui dalam pengembangannya adalah rendahnya pemahaman dan kesadaran masyarakat terkait ekonomi, bisnis, dan akuntansi Syariah. Oleh karena itu, strategi pengembangan kurikulum di Lembaga Pendidikan perlu dilakukan. Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah meningkatnya pemahaman dan kesadaran masyarakat Gorontalo dalam menerapkan nilai-nilai Islam di aktivitas ekonomi, bisnis, dan akuntansi. Tujuan khusus yang akan dicapai adalah 1) uji kinerja model monolitik kurikulum ekonomi-akuntansi melalui lokakarya kurikulum atau musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) ekonomi-akuntansi dan penerapan model mata pelajaran ekonomi-akuntansi syariah pada Madrasah Aliyah di Gorontalo, dan 2) melakukan evaluasi model yang diterapkan. Penelitian ini dilaksanakan dengan memadukan metode kualitatif dengan kuantitatif dan akan dikembangkan pada Madrasah Aliyah (research and development). Tahapan diawali dengan lokakarya kurikulum atau MGMP Ekonomi-Akuntansi di level Madrasah Aliyah Se Provinsi Gorontalo. Setelah itu akan dilakukan penerapan model monolitik mata pelajaran ekonomi-akuntansi syariah sebagai muatan lokal di salah satu Madrasah Aliyah yang ada di Gorontalo. Berikutnya dilakukan evaluasi kinerja model dengan maksud untuk mengetahui kontribusi model dalam mendukung pengembangan ekonomi, bisnis, dan akuntansi syariah. Luaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah: luaran wajib berupa publikasi ilmiah di jurnal nasional terakreditasi/internasional dan Buku Bahan Ajar Ekonomi dan Akuntansi Syariah untuk model monolitik.
This files has been downloaded 159 times
Download