RESEARCH

Researcher
Ishak Isa
Types of research
Penelitian Kerjasama PT
Source of funds
PNBP Fakultas/Pasca
Abstract
Era digital telah membawa dampak yang begitu besar bagi masyarakat luas khususnya di Indonesia. Dampak tersebut bisa kepada dunia pendidikan, budaya, sosial, ekonomi, dan industri,. Satu diantaranya adalah revolusi industri 4.0 yang di tandai dengan berubahnya sistem pendidikan yang semakin kompetitif karena perkembangan teknologi informasi di abad 21. Tujuan jangka panjang dari pengembangan perangkat pembelajaran adalah peningkatan mutu pendidikan dan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya di kawasan Gorontalo dan Sulawesi Utara. Adapun target khusus yang ingin dicapai dalam penelitian adalah tersedianya perangkat pembelajaran berbasis pendekatan STEAM dalam pembelajaran Sains untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains siswa SD di daerah Gorontalo dan Sulawesi Utara, artikel ilmiah yang dimuat pada Jurnal international bereputasi, proceeding seminar, dan hak atas kekayaan intelektual untuk perangkat pembelajaran berbasis pendekatan STEAM yang dikembangkan. Penelitian yang diusulkan tergolong dalam penelitian kerja sama antar perguruan tinggi. Usulan penelitian ini mengacu pada renstra penelitian Universitas Negeri Gorontalo (UNG) yang salah satunya adalah pengembangan pendidikan. Hal ini telah dijabarkan pula dalam Rencana Induk Penelitian (RIP) UNG untuk bidang pengembangan pendidikan yaitu pengembangan model pendidikan berbasis pembentukan karakter. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan, dalam hal ini yang dikembangkan adalah perangkat pembelajaran berbasis pendekatan STEAM untuk meningkatkan hketerampilan berpikir kritis dan literasi sains siswa SD di daerah Gorontalo dan Sulawesi Utara. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan pembelajaran oleh Sukmadinata (2012) yang terdiri atas tiga tahapan utama yaitu (1) tahap studi pendahuluan; tujuan tahap ini adalah menetapkan dan mendefinisikan syarat-syarat yang dibutuhkan dalam penyusunan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan STEAM dalam pembelajaran Sains sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains siswa SD di daerah Gorontalo dan Sulawesi Utara, (2) tahap pengembangan dan validasi; tahap ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan STEAM. Tahap ini terdiri dari validasi perangkat pembelajaran, simulasi dan implementasi perangkat pembelajaran; (3) tahap pengujian/implementasi; tahap ini bertujuan untuk menguji kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan sehingga diperoleh bukti empiris tentang kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan. Kata Kunci: Pendekatan STEAM, berpikir kritis, litersi Sains
This files has been downloaded 912 times
Download