Researcher
Gamar Abdullah
Types of research
Penelitian Terapan
Source of funds
PNBP/BLU
Abstract
Efektifitas penerapan model pembelajaran siswa menjadi hal menarik untuk dikaji. Hal ini disebabkan keberhasilan siswa dalam menuntaskan pembelajaran menggambarkan kemampuan guru dalam memilih, menetapkan dan mengembangkan strategi pembelajaran. Dalam perspektif empiris, kurang terlibatnya seorang peserta didik dalam suatu proses pembelajaran atau dalam kata lain yang bersifat eacher center, hal tersebuat dapat menyebabkan seorang anak didik atau ppeserta didik mengalami rendahnya daya untuk berpikir kreatif, baik dari segi intelektual, konsentrasi, percaya diri dan kepribadian. Serta didalam suatu proses pembelajaran terdapat masalah mengenai kurangnya atau rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep mata pelajaran IPA. Oleh karena itu maka penelitian ini dibuat guna untuk meningkatkan penerapan model dalam pembelajaran IPA siswa SMP Negeri I Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo, dengan menggunakan metode keterampilan berfikir kreatif siswa dan pemahaman konsep IPA. Disamping itu pula penelitian ini akan melihat apakah disekolah SMP Negeri I Kecamatan Telaga Biru ini telah menerapkan model pembelajaran tersebut secara efektif atau belum. Berdasarkan fokus masalah dan tujuannya maka penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pengambilan data melalui proses wawancara tes mengenai materi pembelajaran dengan beberapa guru dan siswa SMP Negeri I Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Sampel penelitian ini diambil dari SMP Negeri 1 Kecamatan Telaga Biru dengan menggunakan 15 siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengukur Penerapan Model Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Metode Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP Negeri I Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Luaran penelitian ini adalah jurnal inovasi pendidikan IPA Universitas Negeri Yogyakarta, Shinta 2 dengan issn 2406-9205 (Print) 2477-4820 (Online)
This files has been downloaded 113 times