Researcher
Mursalin
Types of research
Hibah Tim Pascasarjana (DP2M)
Source of funds
DP2M Dit. Litabmas
Abstract
Penelitian mahasiswa pascasarjana memiliki bobot keilmiahan yang tinggi.
Untuk dapat menyelesaikan penelitiannya sebagian besar mahasiswa
membutuhkan waktu yang relatif melebihi waktu normalnya sehingga cenderung
waktu menyelesaikan studi lebih lama dari yang direncanakan. Permasalahan
yang dibahas dan diselesaikan dalam penelitian merupakan persoalan yang berasal
dari tempat tugas mahasiswa, mendasar, dan menambah khasanah pengembangan
ilmu. Hasil penelitannya kurang aplikatif sehingga sulit diterapkan langsung di
sekolah tempat tugas mereka. Selain itu produk penelitian kurang terpublikasi
dengan baik sehingga hasil-hasil penelitiannya hanya berakhir pada pajangan
perputakaan pasca sarjana. Disisi lain dunia pendidikan sangat mengharapkan
munculnya inovasi pembelajaran yang dapat secara langsung mengatasi
peroblema pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang
berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Dibutuhkan upaya
pembimbingan intensif kepada mahasiswa pasca agar hasil penelitiannya dapat
teraplikasikan dalam pembelajaran, terpublikasi secara meluas, dan selesai tepat
waktu, untuk itulah penelitian ini diusulkan.
Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah untuk mendapatkan berbagai
model pembelajaran inovatif berkarakter untuk meningkatkan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran IPA/Fisika. Secara khusus target penelitian adalah untuk
meningkatkan: (1) kemampuan metodologi penelitian mahasiswa, (2) kepekaan
mahasiswa terhadap pemasalahan pembelajaran, (3) kemampuan mengembangkan
model-model pembelajaran inovatif berkarakter untuk menjawab permasalahan
pembelajarannya, (4) menyelesaikan permasalahan pembelajaran secara ilmiah,
(5) efeisiensi waktu penyusunan tesis, (6) kecermatan menyusun karya tulis ilmiah
berbasis hasil penelitian, (7) keberanian mempresentasikan karya tulis dalam
forum seminar nasional, regional, bahkan internasional, dan (8) menyertakan
tulisan dalam jurnal terakreditasi.
Penelitian dilaksanakan di Program Pascasarjana Universitas Negeri
Gorontalo dengan menggunakan metode penelitian pengembangan, dilaksanakan
selama dua tahun yaitu mulai 2013 sampai dengan 2014. Sasaran/objek penelitian
adalah mahasiswa Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Fisika, dan Program
Studi Pendidikan Dasar, yang berada pada tahapan penyusunan proposal
penelitian.
Hasil penelitian ini adalah; (1) model pembelajaran inovatif berkarakter
sebanyak; 4 buah tahun 2013, dan 6 buah tahun 2014, (2) sebanyak 10 (sepuluh)
buah artikel yang dimuat dalam jurnal terakreditasi nasional/internasional, (3)
sebanyak 10 (sepuluh) tesis mahasiswa pascasarjana yang diselesaikan tepat
waktu, dan (4) sebanyak 10 orang mahasiswa yang mempresentasikan hasil
penelitiannya pada forum seminar nasional/internasional. Penelitian ini
berkontribusi pada bidang ilmu pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan
alam
This files has been downloaded 2381 times