RESEARCH

Researcher
Masri Kudrat Umar
Types of research
Hibah Tim Pascasarjana (DP2M)
Source of funds
BOPTN
Abstract
Penelitian mahasiswa pascasarjana memiliki bobot keilmiahan yang tinggi. Untuk dapat menyelesaikan penelitiannya sebagian besar mahasiswa membutuhkan waktu yang relatif melebihi waktu normalnya sehingga cenderung waktu menyelesaikan studi lebih lama dari yang direncanakan. Permasalahan yang dibahas dan diselesaikan dalam penelitian merupakan persoalan yang berasal dari tempat tugas mahasiswa, mendasar, dan menambah khasanah pengembangan ilmu. Hasil penelitannya kurang aplikatif sehingga sulit diterapkan langsung di sekolah tempat tugas mereka. Selain itu produk penelitian kurang terpublikasi dengan baik sehingga hasil-hasil penelitiannya hanya berakhir pada pajangan perputakaan pasca sarjana. Disisi lain dunia pendidikan sangat mengharapkan munculnya inovasi pembelajaran yang dapat secara langsung mengatasi peroblema pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Dibutuhkan upaya pembimbingan intensif kepada mahasiswa pasca agar hasil penelitiannya dapat teraplikasikan dalam pembelajaran, terpublikasi secara meluas, dan selesai tepat waktu, untuk itulah penelitian ini diusulkan. Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah untuk mendapatkan berbagai model pembelajaran inovatif berkarakter untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA/Fisika. Secara khusus target penelitian adalah untuk meningkatkan: (1) kemampuan metodologi penelitian mahasiswa, (2) kepekaan mahasiswa terhadap pemasalahan pembelajaran, (3) kemampuan mengembangkan model-model pembelajaran inovatif berkarakter untuk menjawab permasalahan pembelajarannya, (4) menyelesaikan permasalahan pembelajaran secara ilmiah, (5) efeisiensi waktu penyusunan tesis, (6) kecermatan menyusun karya tulis ilmiah berbasis hasil penelitian, (7) keberanian mempresentasikan karya tulis dalam forum seminar nasional, regional, bahkan internasional, dan (8) menyertakan tulisan dalam jurnal terakreditasi. Penelitian dilaksanakan di Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo dengan menggunakan metode penelitian pengembangan, dilaksanakan selama dua tahun yaitu mulai 2013 sampai dengan 2014. Sasaran/objek penelitian adalah mahasiswa Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Fisika, dan Program Studi Pendidikan Dasar, yang berada pada tahapan penyusunan proposal penelitian. Hasil penelitian ini adalah; (1) model pembelajaran inovatif berkarakter sebanyak; 4 buah tahun 2013, dan 6 buah tahun 2014, (2) sebanyak 10 (sepuluh) buah artikel yang dimuat dalam jurnal terakreditasi nasional/internasional, (3) sebanyak 10 (sepuluh) tesis mahasiswa pascasarjana yang diselesaikan tepat waktu, dan (4) sebanyak 10 orang mahasiswa yang mempresentasikan hasil penelitiannya pada forum seminar nasional/internasional. Penelitian ini berkontribusi pada bidang ilmu pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan alam.
This files has been downloaded 1607 times
Download