RESEARCH

Researcher
Masri Kudrat Umar
Types of research
Penelitian Kerjasama (Pemda, BUMD/N,Swasta)
Source of funds
APBD
Abstract
Model pembelajaran Inti APE dilaksanakan dalam dua tahap: (1) tahap pembuatan APE berbahan limbah lingkungan oleh pendidik dan peserta didik secara bersama-sama, dan (2) tahap pembelajaran oleh pendidik dengan menggunakan APE yang dibuat peserta didik pada tahap pertama. Tahap pembuatan APE, peserta didik secara bersama-sama dengan pendidik bekerja menyelesaikan APE yang telah direncanakan. Keterlibatan siswa dalam pembuatan APE sedemikian rupa dituntun dan diawasi oleh guru sehingga tidak membahayakan peserta didik. Dalam proses pembuatan ini berbagai nilai dalap ditanamkan oleh pendidik seperti: tanggung jawab, kerja sama, saling menghargai, mandiri, dan penuh inisiatif. Tahap pembelajaran, pendidik menggunakan APE yang dihasilkan pada tahap satu berupa APE yang telah dibuat bersama-sama antara pendidik dan peserta didik. Dalam tahap ini pendidika menyelenggarakan pembelajaran sebagaimana biasanya, tetapi yang terpenting adalah, media belajarnya adalah APE yang telah dibuat secara kolaboratif pendidik dan peserta didik. Tahap pembuatan APE dan tahap pembelajaran, dilaksanakan dalam satu waktu pembelajaran, yaitu secara berurutan dari tahap pembuatan dilanjutkan dengan tahap pembelajaran. Tantangan bagi para pendidik adalah merancang pembelajaran agar efektif dan efisien.
This files has been downloaded 1673 times
Download