Writer / NIM
ISTIGFARNI HENOK / 1011416030
Study Program
S1 - ILMU HUKUM
Advisor 1 / NIDN
MUTIA CH THALIB, S.H., M.Hum. / 0004076904
Advisor 2 / NIDN
NUVAZRIA ACHIR, SH., MH / 0005108502
Abstract
ABSTRAK
Istigfarni Henokƒ...¢ Hukum Perdata, Fakultas Hukumƒ...¢ Universitas Negeri Gorontalo, Desember 2022, Skripsiƒ...¢ Pemenuhan Hak Pasien BPJS Kesehatan Sebagai Konsumen Dalam Pelayanan Medis Pada Rumah Sakit Otanaha Kota Gorontalo, Mutia Cherawaty Thalid, S.H., M.Hum selaku Pembimbing I dan Nuvazria Achir, S.H., M.H sebagai Pembimbing II.
Pelaksanaan program BPJS Kesehatan dalam implementasinya diharapkan dapat berjalan dengan maksimal dengan mengutamakan kepentingan pasien yang merupakan warga negara yang mebutuhkan layanan kesehtaan. Akan tetapi, peserta BPJS Kesehatan dalam hal ini banyak yang mengalami keluhan saat akan mendapat kan pelayanan fasilitas kesehatan di rumah sakit khususnya saat akan melaksaakan rawat inap. Problem yang demikian juga terjadi disalah satu rumah sakit yang ada di Kota Gorontalo.
Merujuk hal tersebut, peneliti melakukan riset lebih mendalam tentang pemenuhan hak pasien sekaligus faktor-faktor yang mempengaruhi pemenuhan hak pasien peserta BPJS Kesehatan sebagai konsumen dalam pelayanan medis pada rumah sakit Otanaha Kota Gorontalo. Proses pengumpulan data dariobjek yang diteliti, oleh peneliti menggunakan prosedur wawancara. Analisis data dilakukan dengan mengorganisasikan data, memilah-milahnya menjadi satuan yang dapat dikelola, mensistensikannya, mencari dan menemukan pola, menemuka apa yang penting dan apa yang dipelajari.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan jawaban bahwa Pemenuhan Hak Pasien Peserta BPJS Kesehatan Sebagai Konsumen Dalam Pelayanan Medis Pada Rumah Sakit Otanaha Kota Gorontalo dalam kerangka perlindungan hokum kepada pasien sebagai konsumen dilihat dari aspek pasien sebagai konsumen, pihak yang menjadi pasien yang membutuhkan layanan kesehatan, dan pasien sebagai peserta BPJS Kesehatan. Sementara itu, Faktor Yang Mempengaruhi Pemenuhan Hak Pasien Peserta BPJS Kesehatan Sebagai Konsumen Dalam Pelayanan Medis Di Rumah Sakit Yang Ada Di Kota Gorontalo diklasifikasikan menjadi tiga bagian, yakni pelayanan rumah sakit yang tidak maksimal melalui pembagian ruangan yang tidak sesuai dengan kepesertaan BPJS Kesehatan dan layanan yang diberikan oleh tenaga kesehatan, pembayaran klaim yang terlambat oleh BPJS kesehatan yang berpengaruh pada operasional dari rumah sakit, serta budaya ketaatan masyarakat dalam mebayar iuran kepada BPJS Kesehatan
Kata Kunci :Hak, Pasien, Konsumen, BPJS Kesehatan.
ƒ
Download files