Writer / NIM
MELKI R. ABU / 1011418218
Study Program
S1 - ILMU HUKUM
Advisor 1 / NIDN
LISNAWATY W. BADU, SH., MH / 0029056903
Advisor 2 / NIDN
NUVAZRIA ACHIR, SH., MH / 0005108502
Abstract
Melki R. Abuƒ...¢ NIM. 1011418218, Hukum Pidana, Fakultas Hukumƒ...¢ Universitas Negeri Gorontalo, Januari 2023, Skripsiƒ...¢ Peran Lembaga Pembinaan Khusus Anak Terhadap Pemenuhan Hak Pendidikan Anak (Studi Kasus di LPKA Kelas II Gorontalo), Lisnawaty W. Badu, SH., MHƒ...¢ Pembimbing I dan Nuvazria Achir, SH., MH ƒ...¢ Pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Lembaga Pembinaan Khusus Anak terhadap pemenuhan hak pendidikan anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Gorontalo dan untuk mengetahui faktor penghambat pelaksanaan pemenuhan hak pendidikan terhadap anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Gorontalo. Penelitian ini dilakukan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Gorontalo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum empiris dengan pendekatan Yuridis Sosiologis. Adapun jenis data yang digunakan adalah data yang didapat langsung di lapangan dari hasil penelitian dan data yang diperoleh dari informasi-informasi dari bahan studi kepustakaan. Dari penelitian yang dilakukan penulis di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Gorontalo diperoleh hasil bahwa peran Lembaga Pembinaan Khusus Anak terhadap pemenuhan hak pendidikan anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Gorontalo telah dijalankan sebagaimana amanat undang-undang melalui program pendidikan Formal dan Non Formal (Kejar Paket A,B,C) dan beberapa pelatihan seperti keagamaan, kesenian, dan pelatihan-pelatihan kerja lainnya. Adapun faktor penghambat pelaksanaan pemenuhan hak pendidikan terhadap anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Gorontalo adalah masih kurangnya sarana dan prasarana pendukung seperti ruang kelas untuk program pendidikan Non Formal, serta kurangnya SDM (petugas LKPA) yang ahli di bidangnya.
Kata Kunci : Peran, Lembaga Pembinaan Khusus Anak, Hak Pendidikan
Download files