ESSAY

Writer / NIM
CINDRIYATI H. RASID / 103812004
Study Program
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Advisor 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstract
ABSTRAK Cindriyati H. Rasid. 2014 Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Pengaruh Cuaca Terhadap Kegiatan Manusia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Di Kelas III SDN 23 Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Hj. Asni Ilham,S.Pd. M.Si, Pembimbing II : Gamar Abdullah,S.Si.M.Pd Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi pengaruh cuaca terhadap kegiatan manusia di kelas III SDN 23 Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo?". Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III pada materi pengaruh cuaca terhadap kegiatan manusia melalui model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture di SDN 23 Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas, dengan teknik pengumpulan data tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi. Pada siklus I jelas ditunjukkan bahwa persentase siswa yang memiliki pemahaman untuk memahami materi pengaruh cuaca terhadap kegiatan manusia mengalami peningkatan yang cukup siginifikan yaitu menjadi 13 orang (65%), selanjutnya pada siklus II persentase hasil capaian mengalami peningkatan yaitu 17 siswa atau 85% siswa yang ada di SDN 23 Bongomeme Kabupaten Gorontalo yang mampu memahami materi pengaruh cuaca terhadap kegiatan manusia dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa pada materi pengaruh cuaca terhadap kegiatan manusia dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture di SDN 23 Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo Kata Kunci: Pemahaman, model pembelajaran Picture And Picture
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011