ESSAY

Writer / NIM
YULINDA AHUDULU / 103812006
Study Program
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstract
ABSTRAK Yulinda Ahudulu. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Melalui Metode Scramble di Kelas IV SDN 33 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan metode scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 33 Bongomeme Kabupaten Gorontalo pada materi sumber daya alam?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 33 Bongomeme pada materi sumber daya alam melalui metode scramble. Hipotesis dalam penelitian ini berbunyi " jika guru menggunakan metode scramble dalam pembelajaran, maka hasil belajar siswa kelas IV SDN 33 Bongomeme Kabupaten Gorontalo pada materi sumber daya alam akan meningkat. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 33 Bongomeme Kabupaten Gorontalo pada materi sumber daya alam melalui metode scramble. Hasil penelitian pada observasi awal 65,94 dengan jumlah siwa yang mencapai ketuntasan 7 siswa (43,75%) meningkat menjadi 72,31 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 11 siswa atau 68,75% pada siklus I, sementara pada siklus II sudah mencapai 76,95 dengan jumlah siwa yang mencapai ketuntasan 14 siswa atau 87,5%. Berdasarkan data-data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam di kelas IV SDN 33 Bongomeme Kabupaten Gorontalo Kata kunci: Hasil Belajar, Sumber Daya Alam, Metode Scramble
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011