Writer / NIM
TINDRAWATI HABIBIE / 103812007
Study Program
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Advisor 2 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Abstract
ABSTRAK
Tindrawati Habibie. 2014. meningkatkan kemampuan siswa menulis kalimat tunggal melalui media gambar di Kelas III SDN 9 Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. e-TA, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan pembimbing II Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd
Adapun masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah kemampuan siswa menulis kalimat tunggal melalui media gambar di kelas III SDN 9 Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo dapat meningkat?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis kalimat tunggal melalui media gambar di kelas III SDN 9 Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas III SDN 9 Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 16 orang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa observasi selama proses pembelajaran berlangsung, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, hasil evaluasi siswa serta dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran kemampuan siswa menulis kalimat tunggal melalui media gambar di kelas III SDN 9 Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo pada observasi awal kemampuan yang diperoleh hanya berjumlah 6 orang atau sebesar 37.5%, pada siklus I meningkat menjadi 10 orang atau sebesar 62.5% dan pada siklus II kemampuan meningkat lagi menjadi 14 orang atau kemampuan sebesar 87.5%.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis Kalimat Tunggal, Media Gambar.
Download files