ESSAY

Writer / NIM
YULAN THALIB / 103812013
Study Program
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Advisor 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstract
ABSTRAK Yulan Thalib, 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Cerita Rekaan Melalui Model Group Investigation Di Kelas IV SDN 4 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. e-TA Program Studi PJJ Mandiri S 1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Univesitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah " Apakah dengan menggunakan model Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis certita rekaan di kelas IV SDN 4 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis cerita rekaan melalui model group investigation di kelas IV SDN 4 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan mengunakan teknik pengumpulan melalui observasi, tes dan dokumentasi dan subjek dalam penelitian ini adalah 19 orang siswa kelas IV SDN 4 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan penelitian yang dilakukan adalah peneliti memperoleh hasil kemampuan siswa menulis cerita rekaan. Pada hasil observasi awal 4 orang siswa atau 21 % siswa yang mampu, 1 orang siswa atau sekitar 5 % yang kurang mampu dan 14 orang siswa atau 74 % siswa yang tidak mampu. Sedangkan pada siklus I 8 orang siswa atau 42% siswa yang mampu, 1 orang siswa atau sekitar 5% yang kurang mampu dan 10 orang siswa atau 53 % siswa yang tidak mampu. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi16 orang siswa atau 84 % siswa yang mampu, 3 orang siswa atau 16 % yang kurang mampu, dan 0 orang siswa atau 0% yang tidak mampu. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis cerita rekaan dapat ditingkatkan melalui model group investigation. Kata Kunci : Kemampuan, Menulis Cerita rekaan, Group Investigation
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011