ESSAY

Writer / NIM
YULIANA LAMATO / 103812015
Study Program
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Advisor 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstract
ABSTRAK Yuliana Lamato, 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Berbalas Pantun Melalui Model Script Di Kelas IV suatu penelitian di SDN 3 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. e-TA Program PJJ Mandiri S I PGSD Jurusan Pendidikan Anak Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2014. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan siswa berbalas pantun melalui model pembelajaran script di kelas IV SDN 3 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemapuan siswa berbalas pantun melalui model pembelajaran script di kelas IV SDN 3 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi murid dan guru dalam meningkatkan kemampuan siswa berbalas pantun. Dan untuk siswa penelitian ini diharapkan lebih terampil dalam membaca teks sesuai intonasi, lafal sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi siswa terutama dalam berbalas pantun melalui model pembelajaran script. Hasil penelitian ini adalah usaha yang dilakukan guru selama 2 hari telah memberikan hasil yang optimal. Pada siklus I diperoleh hasil belajar pada siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia tentang berbalas pantun yang observasi awal hanya mendapat 7,12% selanjutnya dilakukan siklus II diperoleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia tentang berbalas pantun dari siklus I hanya sebesar 7,43% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 8,84%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran script dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa jika model yang digunakan menarik dan jelas. Kata Kunci : Berbalas Pantun, Model Script
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011