ESSAY

Writer / NIM
LUSIANTI UMAR / 103812021
Study Program
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstract
ABSTRAK Lusianti Umar. 103 812 021 Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Identifikasi Gerak Benda Melalui Metode Eksperimen Dikelas III SDN 1 Motilango Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara.Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr.H.Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr.Sukirman Rahim,S.Pd, M.Si Permasalahan yang dikaji penelitian adalah " Apakah melalui metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi identifikasi gerak benda dikelas III SDN 1 Motilango Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara ?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi gerak benda melalui metode eksperimen dikelas III SDN 1 Motilango kecamatan anggrek kabupaten gorontalo utara.Hipotesis dalam penelitian berbunyi " Jika dalam pembelajaran materi identifikasi gerak benda digunakan metode eksperimen, maka pemahaman siswa kelas III SDN 1 Motilango akan meningkat.Metode Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas,dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi identifikasi gerak benda melalui metode eksperimen dikelas III SDN 1 Motilango Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara.Hasil penelitian pada observasi awal 57,14 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 8 siswa meningkat 64,28 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 9 siswa (52,28%) pada siklus 1,sementara pada siklus II sudah mencapai 92,85 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 13 siswa atau (83,85%).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode eksperimen pemahaman siswa tentang materi identifikasi gerak benda Kelas III SDN 1 Motilango kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara Meningkat, Kata kunci: Pemahaman, Eksperimen
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011