Writer / NIM
ROSNA ISE / 103812022
Study Program
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Advisor 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstract
ABSTRAK
Rosna Ise. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan
Lingkungan Melalui Media Audio Visual. (suatu penelitian di kelas IV SDN 7 Telaga
Kabupaten Gorontalo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan dalam penelitian ini bahwa dengan melalui Media Audio Visual hasil
belajar materi Perubahan Lingkungan dikelas IV SDN 7 Telaga Kabupaten Gorontalo
akan meningkat hasil belajar siswa pada materi Perubahan Lingkungan dikelas IV SDN
7 Telaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar
siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas.
Pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan metode eksperimen hasil belajar
siswa belum mencapai indikator yang diharapkan. Sehingga dilaksanakan siklus II
sebagai refleksi dari siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan dari hasil belajar yaitu
dari 59 % meningkat menjadi 85 % atau indicator kinerja tercapai.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui Media audio Visual dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi
Perubahan Lingkungan di Kelas IV.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Perubahan Lingkungan, Metode Audio Visual
Download files