ESSAY

Writer / NIM
YULAN TABRANI / 103812023
Study Program
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Advisor 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstract
ABSTRAK Yulan Tabrani, 2014. Meningkatkan Kemampuan Bermain Drama Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas V SDN 1 Pantungo Kabupaten Gorontalo. Program Studi PJJ Mandiri S 1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Univesitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd, dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah"Apakah melalui metode bermain peran kemampuan siswa kelas V SDN 1 Pantungo Kab. Gorontalo dalam bermain drama dapat meningkat"? Adapun tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah" Untuk meningkatkan kemampuan bermain drama melalui metode bermain peran pada siswa kelas V SDN 1 Pantungo Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan mengunakan teknik pengumpulan melalui observasi, dan dokumentasi dan subjek dalam penelitian ini adalah 23 orang siswa kelas V SDN 1 Pantungo Kabupaten Gorontalo. Hasil obsevasi awal untuk ketuntasan kemampuan siswa dalam bermain drama memperoleh hasil yang sangat rendah, yakni dari 23 jumlah siswa kelas V hanya 6 orang siswa atau 26 %, dan untuk siklus I untuk ketuntasan kemampuan siswa bermain drama melalui metode bermain peran siswa dengan perolehan nilai minimal 70 nampak 13 orang atau 57 %. Sedangkan untuk tindakan pembelajaran siklus II, hasil kemampuan siswa dalam bermain drama telah meningkat hingga nampak 20 orang atau 87 % dari hasil sebelumnya. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bermain peran pada siswa kelas V SDN 1 Pantungo Kabupaten Gorontalo, hasil kemampuan siswa dalam bermain drama sudah meningkat. Kata Kunci : Bermain Drama, Bermain Peran.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011