ESSAY

Writer / NIM
YULIANA / 103812026
Study Program
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Advisor 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstract
ABSTRAK Yuliana. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perpindahan Energi Panas Melalui Metode Eksperimen. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si. Pembimbing II. Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini bahwa dengan melalui metode eksperimen hasil belajar materi perpindahan energi panas dikelas IV SDN No. 84 Kota Tengah Kota Gorontalo akan meningkat hasil belajar siswa pada materi perpindahan energi panas dikelas IV SDN No. 84 Kota Tengah Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Hipotesis dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode eksperimen. Pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan metode eksperimen hasil belajar siswa belum mencapai indikator yang diharapkan. Sehingga dilaksanakan siklus II sebagai refleksi dari siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan dari hasil belajar yaitu dari 58 % meningkat menjadi 87 % atau indicator kinerja tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi perpindahan energi panas di Kelas IV. Kata Kunci: Perpindahan, Eksperimen, Energi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011