ESSAY

Writer / NIM
FERY MAARUF / 103812029
Study Program
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Advisor 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstract
ABSTRAK FERY MAARUF, 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kelas Rangkap Di Kelas Awal SD Inpres Kelas Jauh Karya Indah Kecamatan Buntulia Kabupaten Pohuwato. E-TA, Program PJJ Madiri, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan pembelajaran kelas rangkap dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas awal SD Inpres Kelas Jauh Karya Indah ? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kelas rangkap di kelas awal SD Inpres Kelas Jauh Karya Indah Kecamatan Buntulia Kabupaten Pohuwato. Melalui pembelajaran kelas rangkap, pada siklus I, data yang diperoleh yaitu jumlah siswa secara keseluruhan di kelas awal yang memperoleh nilai 75 ke atas sebanyak 31 orang siswa dari 52 orang siswa atau sebanyak 60%. Untuk daya serap seluruh siswa terhadap materi yang diajarkan yaitu rata-rata 74,42%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan melaksanakan pembelajaran kelas rangkap model 222 pada proses pembelajaran belum mencapai indikator kinerja. Oleh karena itu dilakukan penelitian lanjutan pada siklus II. Data yang diperoleh mengalami peningkatan yaitu secara keseluruhan siswa yang diperoleh nilai 75 ke atas sebanyak 42 orang siswa dari 52 orang siswa atau sebanyak 81%. Untuk daya serap seluruh siswa terhadap materi yang diajarkan yaitu rata-rata 81,73%. Melihat hasil perolehan siklus I dan siklus II terjadi peningkatan perolehan hasil belajar sebesar 21%. Berdasarkan hasil capaian tersebut di atas maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kelas rangkap model 222 dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas awal khususnya kelas 2 dan kelas 3. Kata Kunci : Hasil Belajar, PKR model 222
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011