ESSAY

Writer / NIM
ISKANDAR SAMANGKA / 103812030
Study Program
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
ABSTRAK ISKANDAR SAMANGKA. NIM. 103 812 030. Meningkatkan Kemampuan Menentukan Panjang Sisi Kubus Berdasarkan Volume Melalui Metode Penemuan Terbimbing pada siswa Kelas V SDN 9 Asparaga Kecamatan Asparaga Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd Dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah Kemampuan Menentukan Panjang Sisi Kubus Berdasarkan Volume dapat ditingkatkan Melalui Metode Penemuan Terbimbing ?". Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kemampuan Menentukan Panjang Sisi Kubus Berdasarkan Volume Melalui Metode Penemuan Terbimbing pada siswa kelas V SDN 9 Asparaga Kecamatan Kabupaten Gorontalo.Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dengan maksud untuk memberikan gambaran terhadap peningkatan Kemampuan Menentukan Panjang Sisi Kubus Berdasarkan Volume Melalui Metode Penemuan Terbimbing pada siswa kelas V SDN 9 Asparaga Kecamatan Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian pelaksanaan siklus I masih kurang dari presentase. kegiatan guru yang hanya mencapai 4 aspek atau (21,05%) yang berkriteria baik sedangkan 15 aspek lainnya atau (78,94%) berkriteria cukup. Kegiatan siswa dari 15 aspek yang memperoleh kriteria baik terdiri atas 2 aspek atau (13,33%) sedangkan yang berkriteria cukup terdiri atas 13 aspek atau (86,66%) Pada siklus II siswa yang dikenai tindakan hadir seluruhnya, setelah diadakan evaluasi dan analisis kegiatan guru mencapai 17 aspek atau (89,47%) berkriteria baik sedangkan 2 aspek lainnya atau (10,52%) berkriteria cukup. Kegiatan siswa dari 15 aspek yang memperoleh kriteria baik terdiri atas 13 aspek atau (86,66%) sedangkan yang berkriteria cukup terdiri atas 2 aspek atau (13,33%) dan peningkatan Kemampuan Menentukan Panjang Sisi Kubus Berdasarkan Volume Melalui Metode Penemuan Terbimbing Peningkatan kemampuan siswa ini didasarkan pada obsrvasi awal (27,5%), penelitian tindakan siklus I (63,75%) atau meningkat 51,25% dan penelitian tindakan Siklus II (83,12%) atau Meningkat 19,75%. keberhasilan pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa "dengan menggunakan Metode Penemuan Terbimbing, Kemampuan menentukan Panjang Sisi Kubus Berdasarkan Volume Pada Siswa Kelas V SDN 9 Asparaga Kecamatan Asparaga Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata Kunci : Kemampuan, Volume Kubus, Metode Penemuan Terbimbing
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011