ESSAY

Writer / NIM
DEFLIN R. HARUN / 103812035
Study Program
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Advisor 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstract
ABSTRAK Deflin R. Harun. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Pengaruh Matahari Bagi Bumi Melalui Pendekatan Kontekstual. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si dan pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa pada materi Pengaruh Matahari Bagi Bumi dapat di tingkatkan melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas II SDN 6 Biluhu Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi pengaruh matahari bagi bumi di kelas II SDN 6 Biluhu Kabupaten Gorontalo. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika dalam pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kontekstual hasil belajar siswa tentang pengaruh matahari bagi bumi pada siswa kelas II SDN 6 Biluhu Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo akan meningkat. Pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan pendekatan kontekstual hasil belajar siswa belum mencapai indikator yang diharapkan. Sehingga dilaksanakan siklus II sebagai refleksi dari siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan dari hasil belajar yaitu dari 56 % meningkat menjadi 82 % atau indikator kinerja tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi Pengaruh Matahari Bagi Bumi di Kelas II. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pengaru Matahari Bagi Bumi , Pendekatan Kontekstual
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011