ESSAY

Writer / NIM
SUKRI JEVRI YANTO PODUNGGE / 103812038
Study Program
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstract
Sukri Jevri Yanto Podungge. 2014. " Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPS Melalui Metode Inkuiri Di Kelas V SDN 96 Sipatana Kota Gorontalo ". E-TA. Program Studi S I - PGSD. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si, Pembimbing II Dra Elmia Umar, M.Pd. Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik melalui metode inkuiri pada materi perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan di kelas V SDN 96 Sipatana. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian 20 orang peserta didik kelas V SDN 96 Sipatana. Hipotesis dalam penelitian ini yang berbunyi " jika dalam proses pembelajaran, guru menggunakan metode inkuiri maka aktivitas belajar dalam pembelajaran IPS kelas V SDN 96 Sipatana Kota Gorontalo akan meningkat". Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar peserta didik pada data observasi awal menunjukkan dari 20 orang peserta didik yang memiliki aktivitas belajar peserta didikhanya 5 orang peserta didik ( 25% ). Hasil penelitian siklus I terjadi kenaikan yaitu dari 20 orang peserta didik, yang memiliki aktivitas belajar 9 orang peserta didik ( 45% ). Sedangkan siklus II terjadi kenaikan yang signifikan yaitu dari 20 orang peserta didik, yang memiliki aktivitas belajar 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada materi perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan di kelas V SDN 96 Sipatana Kota Gorontalo diterima. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Metode Inkuiri.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011