Writer / NIM
						ISNAWATY DJAILANI / 103812041
						Study Program
						S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
						Advisor 1 / NIDN
						Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
						Advisor 2 / NIDN
						Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
						Abstract
						ABSTRAK
Isnawaty Djailani  2014 Meningkatkan kemampuan siswa membaca puisi melalui media audiovisaul  kelas II  SD Laboratorium UNG Kota Gorontalo. Program Studi S1 PJJ Mandiri Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Hj Evi Hasim, M.Pd. dan Pembimbing II Dra. Hj Ratnarti Fahrun, M.Pd. 
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui media Audio visual kemampuan membaca puisi pada siswa kelas II SD Laboratorium UNG Kota Gorontalo dapat ditingkatkan?  Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca puisi melalui media Audio visual Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan media Audio visual,  dan subjek dalam penelitian ini adalah 26 orang  siswa kelas II SD Laboratorium UNG  Kota Gorontalo.
Hasil penelitian yang diperoleh pada observasi awal dari 26 siswa hanya 6 orang atau 23 % yang mampu membaca puisi dengan baik. Setelah diadakan penelitian dengan media audio visual pada siklus I untuk kemampuan siswa dalam membaca puisi siswa dengan perolehan nilai minimal 75 nampak telah meningkat menjadi  18 orang siswa atau 69 %. Sedangkan untuk tindakan pembelajaran  siklus II, hasil kemampuan siswa dalam membaca puisi  telah meningkat hingga mencapai 96 % dari hasil sebelumnya. Simpulan berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media Audio visual pada siswa kelas II SD SD Laboratorium UNG Kota Gorontalo hasil kemampuan siswa membaca puisi meningkat.
Kata kunci : Membaca Puisi dan Media Audio visual
						Download files