ESSAY

Writer / NIM
FITRIA NINGSIH HINAWU / 103812042
Study Program
S1 - PJJ PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Advisor 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstract
ABSTRAK Fitria Ningsih Hunawu,2014"Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Sumber Energi melalui Penerapan Metode Penemuan Terbimbing pada Siswa Kelas II SDN 17 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo"Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru SekolahDasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1.Dr.Hj.Asni Ilham S.Pd M.Si dan Pembimbing 2 Dr,sukirman Rahim S.Pd M.Si Masalah dalam penelitian ini adalah: rendahnya hasil belajar siswa kelas II SDN 17 Telaga Biru dalam mata pelajaran IPA materi tentang sumber energi.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA melalui metode penemuan terbimbing.Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan tes kemampuans iswa.Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif deskriptif persentase.Berdasarkan data observasi awal hasil penilaian terhadap hasil belajar siswa adalah nilai rata-rata 54,5.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 dilaksanakan dua kali pertemuan yang setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dari hasil refleksi pada setiap siklus baik nilai rata-rata maupun aktivitas siswa pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan. Data analisis hasil belajar siswa pada evaluasi siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai adalah 67. Dari 20 siswa yang terdapat di kelasII SDN 17 Telaga Biru yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar sebanyak 10 siswa atau 50%, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 10 siswa atau 50%. Hasil analisis belajar siswa pada evaluasi akhir siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai oleh 20 siswa adalah 75 .Siswa yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 16 siswa atau 80% sedangkan yang belum tuntas dalam belajar sebanyak 4 siswa atau20%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode penemuan terbimbing dapa tmeningkatkan hasil belajar siswa kelasII SDN 17Telaga Biru pada mata pelajaran IPA.Untuk itu disarankan agar guru lain dalam melakukan pembelajaran IPA dapat menggunakan metode penemuan terbimbing. Kata Kunci : hasilbelajar, sumber energi, danpenemuan terbimbing
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011