ESSAY

Writer / NIM
IMRAN MOLE / 111408001
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Advisor 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstract
ABSTRAK Imran, Mole. 2012. Studi Komparatif Perilaku Bullying antara Siswa Madarasah Aliyah Hubulo dan Siswa SMA Negeri 1 Tapa. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Rena L. Madina, M.Pd dan Pembimbing II Irvan Usman, S.Psi, M,Si Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang sering terjadi dikalangan remaja khususnya remaja yang berada di usia sekolah (Madrasah dan SMA). Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membedakan perilaku bullying antara siswa Madarasah Aliyah dan siswa SMA Negeri 1 Tapa. Penelitian ini adalah penelitian komparatif yaitu metode secara sistematis membedakan perilaku bullying antara siswa Madrasah Aliyah Hubulo dan SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Madarasah Aliyah Hubulo berjumlah 22 orang yang tersebar dalam 2 kelas dan 2 jurusan yang berbeda. Selanjutnya untuk SMA Negeri 1 Tapa berjumlah 112 orang yang tersebar dalam 5 kelas dalan 3 Jurusan yang berbeda. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode skala yaitu menggunakan kuesioner yang berisi butir-butir pernyataan untuk mengukur variabel dalam penelitian. Skala perilaku bullying yang digunakan dalam penelitian ini merupakan skala yang dirancang sendiri oleh penulis berdasarkan teori dari Sejiwa yaitu bullying fisik, bullying verbal, bullying metal/psikologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase perilaku bullying siswa Madarasah Aliyah Hubulo dan siswa SMA Negeri 1 Tapa memiliki perbedaan dalam beberapa tingkatan kategori yang di antaranya adalah : kategori perilaku bullying yang tinggi untuk Madarasah Aliyah Hubulo sebesar 9,1% sedangkan untuk SMA Negeri 1 Tapa sebesar 0,0%, kategori perilaku bullying sedang untuk Madarasah Aliyah Hubulo dan SMA Negeri 1 Tapa memiliki persamaan hasil yaitu sebesar 86,4%. sedangkan untuk kategori perilaku bullying sangat rendah untuk Madarasah Aliyah Hubulo sebesar 4,5% dan untuk SMA Negeri 1 Tapa sebesar 13,6%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat perbedaan perilaku bullying antara siswa Madarasah Aliyah Hubulo dan siswa SMA Negeri 1 Tapa. Kata Kunci : Perbedaan Perilaku Bullying.
Download files

ARCHIVES

2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011