Writer / NIM
CINDARTA CENING / 111408012
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Advisor 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstract
ABSTRAK
Cindarta Cening 2016. Meminimalkan Peilaku Agresif Dengan Menggunakan Teknik Positive Reinforcement pada Siswa Kelas 2 SDIT (MIT) Al Ishlah Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd, dan Pembimbing II Meiske Puluhulawa, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah perilaku agresif siswa kelas 2 SDIT(MIT) Al Ishlah dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini meminimalkan perilaku agresif siswa dengan menggunakan positive reinforcement. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklus dilakukan dengan dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan pada siklus 1, peilaku agresif siswa berjumlah 4 orang dengan nilai rata-rata 2,7, siklus 2 berjumlah 4 orang dengan nilai rata-rata 1,2 serta siklus 3 sejumlah 4 orang dengan nilai rata-rata 0,3. Kesimpulan hasil penelitian menunjukan bahwa melalui pemberian Positive Reinforcement dapat meminimalkan sifat agresif pada siswa kelas 2 SDIT (MIT) Al Ishlah. Dengan demikian perlu dioptimalkan penggunaan teknik positive reinforcement dalam meminimalkan perilaku agresif pada siswa.
Kata kunci : Perilaku Agresif, Positive Reinforcement.
Download files