ESSAY

Writer / NIM
HASNI DATAU / 111408039
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dr. ABDUL KADIR HUSAIN, M.Pd, Kons / 0016115606
Advisor 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstract
ABSTRAK Hasni Datau, 2013. “Keefektifan Metode Bermain Peran Terhadap Peningkatan Kemandirian Anak Usia Prasekolah Kelompok B Usia Lima Tahun Di Pusat PAud Islam Terpadu Al-Ishlah Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo”. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Abd. Kadir Husain, M.Pd, Kons dan Pembimbing II Murhima A. Kau, S.Psi. M. Psi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemikiran bahwa kemandirian merupakan sikap yang harus dikembangkan sejak masa kanak-kanak agar kelak mereka bisa menjalani kehidupan tanpa ketergantungan kepada orang lain. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode bermain peran efektif terhadap peningkatan kemandirian anak? Tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan metode bermain peran terhadap peningkatan kemandirian anak usia prasekolah kelompok B usia lima tahun di Pusat PAUD Islam Terpadu Al-Ishlah Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan observasi. Observasi yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan diperoleh hasil sebagai berikut. Pada siklus I anak yang sudah mandiri dengan kategori sangat baik 2 orang dan 14 orang dengan kategori baik. Siklus II anak yang sudah mandiri dengan kategori sangat baik 5 orang dan 12 orang dengan kategori baik 12 orang. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran efektif dalam peningkatan kemandirian anak usia prasekolah usia lima tahun. Sehingga disarankan perlu adanya penerapan metode bermain peran dalam kegiatan pembelajaran untuk mendorong anak menjadi mandiri. Kata kunci : Metode Bermain Peran, Kemandirian Anak
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011