ESSAY

Writer / NIM
LISA L. UMAR / 111408056
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Advisor 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstract

ABSTRAK

Lisa L. Umar. Skripsi“Skripsi yang berjudul Meningkatkan Kecerdasan Sosial MelaluiMetode Role PlayPada Anak Kelompok B di PPIT Lukmanul Hakim KecamatanLimboto Kabupaten Gorontalo”.Program Studi S1 – BKFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriGorontalo.

Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah Apakah kecerdasansosialanakkelompok B di PPIT Lukmanul Hakim KecamatanLimbotoKabupaten Gorontalo, dapatditingkatkanmelalui metoderole play. Tujuan penelitian ini adalah penelitian ini adalah untukmeningkatkankecerdasan sosial anak kelompok B di  PPIT Lukmanul Hakim  Kabupaten Gorontalomelaluimetoderole play.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK yang dilaksanakan di kelompok B di PPIT Lukmanul Hakim KecamatanLimbotoKabupaten Gorontalodengan subjek penelitian anak yang berjumlah 20 orang, yang diolah secara kuantitatif, dengan empat tahapan penelitian, yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, refleksi, dianalisis menggunakan persentase.

 

Hasil penelitianmenunjukan bahwapadasiklusI pertemuan I dan II belum berhasil, sehinggadilaksanakantindakankesiklus II, adapun hasil pelaksanaan tindakan siklus I pertemuan I belum mencapai indikator kinerja, maka dilaksanakan tindak lanjut kepertemuan kedua.Hasil yang diperolehyakni pada aspek anak dapat menaati peraturan, 18  orang atau 90% dari  20 anak yang menjadi  subyek penelitian termasuk kategori mampu, 2 orang atau 10% termasuk kategori kurang mampu. Pada aspek berhubungan dengan orang dewasa,  16 orang atau 80% dari  20 anak yang menjadi subyek penelitian termasuk kategori mampu,  4 orang atau 20% termasuk kategori tidak mampu, dan aspekhubungan dengan teman sebaya, 19  orang anak atau 95% dari  20 anak yang menjadi subyek penelitian termasuk kategori mampu, 1 orang anak atau 5% termasuk kategori kurang mampu, dan sudah tidak terdapat lagi anak yang termasuk kategori tidak mampu.Hasilcapaianinimelebihi target yang telahditetapkan, yakni 75% ( 15 orang ) dari 20 anak telah menunjukkan peningkatan kecerdasan sosial.

Dari hasil penelitian tindakankelasinidapat disimpulkan bahwakecerdasan sosial anak kelompok B diPPIT Lukmanul Hakim KecamatanLimbotoKabupaten Gorontalodapatditingkatkanmelaluimetode role play.Dengandemikianbahwahipotesistindakan yang telahdirumuskanterbuktidandapatditerima.

Kata Kunci :Kecerdasan sosial, Role Play

 
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011