Writer / NIM
MARYANA HAMZAH / 111408062
Study Program
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Advisor 1 / NIDN
Dr. ABDUL KADIR HUSAIN, M.Pd, Kons / 0016115606
Advisor 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstract
i
ABSTRAK Maryana Hamzah. NIM. 111 408 062. ”Peran Guru dalam Mengembangkan Kreativitas Anak di SDN 1 Molalahu Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo”. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Pembimbing I (Drs. H. Abd. Kadir Husain, M.Pd, Kons), dan pembimbing II (Dra. Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si). Rumusan masalah dalam penelitian ini secara umum adalah bagaimana peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak, upaya apa yang sudah dilakukan oleh guru dalam mengembangkan kreativitas anak, dan Kendala-kendala apa yang dihadapi guru dalam mengembangkan kreativitas anak . Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak di SDN 1 Molalahu, untuk mengetahui upaya yang sudah dilakukan oleh guru dalam mengembangkan kreativitas anak, dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan kreativitas anak. Metode yang digunakan dalam pnelitian ini adalah metode deskriptif/non statistik, dimana penelitian yang terbatas pada usaha mengungkapkan suatu masalah dan keadaan sebagaimana adanya sehingga hanya merupakan penyingkapan fakta dari permasalahan yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa peran guru dalam mengembangkan kreativitas yang dimiliki oleh siswa selalu dilakukan oleh guru. Dalam peran yang dilakukan oleh guru adalah mengembangkan kemampuan berpikir siswa baik dari segi pertanyaan, ide atau gagasan, membuka wawasan siswa dan melakukan kegiatan-kegiatan di bidang olahraga maupun kesenian. Upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan kreativitas siswa adalah dengan cara: (1) pengembangan kreativitas harus dilandasi oleh rasa ingin tahu siswa, minat dan kepedulian anak serta motif intrinsik siswa; (2) Memberikan kesempatan siswa untuk menentukan pilihannya sendiri, baik masalah ataupun pemecahan masalahnya; (3) menghadapkan anak kepada persoalan riil dalam kehidupan sehari-hari,karena mungkin kejadian tersebut akan selalu teringat pada memory anak; (4) menciptakan tugas yang dikehendaki anak-anak, agar dalam mengerjakan anak tidak akan merasa jenuh dan akan selesai dalam waktu singkat. Sedangkan kendala-kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan kreativitas adalah anak adalah kurangnya daya kemampuan intelektual yang dimiliki masing-masing siswa berbeda, sehingga daya tangkap siswa dalam menerima pelajaran yang disampaikan guru berbeda pula. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru dalam mengembangbangkan kreativitas anak sangat memberikan peran yang baik. Kata Kunci: Peran Guru dan Kreativitas Anak
Download files